KURIKULUM MBS ZAM-ZAM
Pendidikan di MBS Zam-Zam menerapkan kurikulum Pesantren Muhammadiyah, kitab-kitab turats (kitab kuning), kurikulum nasional (Kurikulum Merdeka), dan kurikulum international (Cambridge English ‘Prepare’). Kurikulum tersebut secara umum diejawantahkan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara terpadu dalam empat pilar utama yaitu: masjid, asrama, sekolah, dan masyarakat:
PILAR UTAMA | TUJUAN | KEGIATAN |
---|---|---|
Masjid | Untuk mengaktualisasikan nilai-nilai tauhid, ubudiyah, serta pengkajian dan pengamalan Al-Quran dan Al-Hadits. |
|
Asrama | Untuk mengaktualisasikan nilai-nilai akhlak karimah, kemandirian, dan kekeluargaan. |
|
Sekolah | Untuk mengaktualisasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan soft skills. |
|
Masyarakat | Untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dakwah amar ma’ruf nahyi munkar, pengabdian kepada masyarakat, dan jiwa sosial. |
|
Kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah menyajikan berbagai mata pelajaran yang dapat membentuk keilmuan secara komprehensif untuk mencetak intelektual yang ulama dan ulama yang intelektual.